Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12780
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAfrianti, Dwi-
dc.date.accessioned2020-11-17T08:12:34Z-
dc.date.available2020-11-17T08:12:34Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12780-
dc.description.abstractRumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 44 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 pada pokok bahasan himpunan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 16 siswa (36,36%) yang tuntas serta 28 siswa (63,64%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 29 siswa (65,91%) yang tuntas, sedangkan 15 Siswa (34,09%) tidak tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 39 siswa (88,64%) yang tuntas, sedangkan 5 siswa (11,36%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh skor 18,18 dan siklus II memperoleh skor 28,3 dan hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan peneliti menunjukan hasil rata-rata pada siklus I sebesar 2,02 dan pada siklus II sebesar 3,14 hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran.en_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P. 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DWI AFRIANTI.pdf1.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.