Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12775
Title: Analisis keefektifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017
Authors: Aida, Basra
Keywords: Keefektifan Belajar Matematika Siswa;Model Mind Mapping
Issue Date: 2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini : Bagaimana keefektifan pembelajaran menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 34 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika melalui Model Pembelajaran Mind Mapping. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi meliputi : (aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 55 dengan 10 siswa yang tuntas dan 24 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 29,41%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84% dengan 30 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88 %. Ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 75% dan berada dalam kategori Aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase sebesar 81% dan berada dalam kategori baik dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 85% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model Mind Mapping pada pokok bahasan Lingkaran efektif pada siswa kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12775
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BASRA AIDA.pdf3.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.