Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12773
Title: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017
Authors: Fauzia, Ninda
Keywords: Suasana Belajar;Adanya Pujian;Minat;Imbalan;Hasrat
Issue Date: Feb-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang signifikan/dominan mempengaruhi motivasi dalam belajar matematika siswa SMK Negeri 9 Medan T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket analisis faktor yang signifikan mempengaruhi Motivasi dalam belajar matematika siswa yang totalnya ada 50 item pernyataan yang terdiri dari 10 item tentang suasana Belajar, 10 item tentang Adanya Pujian, 10 item tentang Minat, 10 item tentang Imbalan,dan 10 item tentang Hasrat. Hasil uji validitas dari 50 item pernyataan diperoleh 48 item valid dan 2 item yang tidak valid. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 9 Medan. Kelas X RPL1 yang terdiri dari 32 siswa, X RPL 2 yang terdiri dari 30 siswa, X RPL 3 yang terdiri dari 29 siswa dan X RPL 4 yang terdiri dari 34 siswa,dan X RPL 5 yan terdiri dari 31 siswa. maka total populasi berjumlah 156 siswa. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X RPL yang terdiri dari beberapa siswa yaitu 7 orang X RPL 1, 7 orang X RPL 2, 6 orang X RPL 3, 7 orang X RPL 4, dan 7 orang X RPL 5 yang berjumlah keseluruhan 34 siswa. Hasil uji reliabilitas dari 50 item pernyataan valid. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada berdistribusi normal. Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukkan nilai yang positif. Hal ini berarti keempat variabel benar-benar memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi siswa yaitu suasana belajar memiliki nilai sebesar 0,539, artinya variabel suasana belajar mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 53,9%, variabel adanya pujian memiliki nilai sebesar 0,559, artinya variabel adanya pujian mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 55,9%, variabel Minat memiliki nilai sebesar 0,673 artinya variabel minat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 67,3%, variabel Imbalan memiliki nilai sebesar 0,832, artinya variabel imbalan mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 83,2% dan variabel hasrat memiliki nilai sebesar 0,819, artinya variabel hasrat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 81,9%. Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai total variance explained bernilai 5 sesuai dengan jumlah variabel. Hasil nilai component matrix menunjukkan bahwa semua variabel merupakan faktor pertama dan kedua yang mempengaruhi motivasi siswa dikarenakan nilai component matrix suasana belajar,adanya pujian, imbalan, hasrat berada pada faktor pertama yang mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa dikarenakan nilai komponen matrix pertama lebih besar dari faktor kedua. Sedangkan variabel minat berada difaktor kedua, dikarenakan nilai komponen matrix kedua lebih besar dari faktor pertama. Oleh karena itu nilai imbalan memiliki nilai yang signifikan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12773
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NINDA FAUZIA.pdf412.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.