Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12761
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRivai, Muhammad Arief-
dc.date.accessioned2020-11-17T08:04:55Z-
dc.date.available2020-11-17T08:04:55Z-
dc.date.issued2016-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12761-
dc.description.abstractObservasi awal pada kelas IX-3 di SMP Swasta AL-Hikmah menunjukan rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika dalam bentuk essay. Hasil observasi kelas menunjukkan bahwa banyak siswa yang kurang memahami bentuk essay, sehingga mereka kesulitan dalam memecahkan soal-soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam pelajaran matematika pokok bahasan pangkat dan akar, setelah diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas Eksperimen untuk IX-2 dan kelas Kontrol untuk IX-3 dimana masingmasing kelas terdiri dari 40 orang siswa. Model pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Hasil pre-test dijadikan parameter pengukur kemampuan penalaran siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan hasil post-test merupakan parameter pengukur kemampuan penalaran siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk kelas eksperimen. Berdasarkan data yang telah diolah dengan Ms.Exxel, pada saat kondisi awal (pretest) diperoleh nilai mean sebesar 36,33 dan setelah diberikannya model Missouri Mathematics Project saat diadakannya post-test sebesar 79,77. Peningkatan nilai mean tersebut menandakan bahwa setelah diberikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project, hasil belajar siswa cenderung meningkat atau jauh lebih baik. Dari uji t diperoleh thitung = 18,029 dan ttabel = 2,134. Maka H0 ditolah dan Ha diterima. Dengan demikian dapat diambil bahwa “ Ada pengaruh yang signifikan dipertemuan eksperiment antara model Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan pangkat dan akar dikelas IX SMP Swasta AL-Hikmah Medan Tahun Pelajaran 2016/2017”.en_US
dc.subjectMissouri Mathematics Projecten_US
dc.subjectKemampuan Penalaranen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Model Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Penalaran Pada Mata Pelajaran Matematika dikelas IX SMP Swasta AL-Hikmah Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD ARIEF RIVAI.pdf402.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.