Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12743
Title: Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMA Al – Hidayah Medan T.P 2016/2017
Authors: Manurung, Mahyuni
Keywords: Faktor motivasi;minat;bakat;kesiapan dan perhatian
Issue Date: Feb-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa SMA Al-Hidayah Medan dan untuk mengetahui faktor yang signifikan mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa yang total nya adalah 150 item pernyataan yang terdiri dari 30 item pernyataan dari faktor motivasi, 30 item pernyataan yang terdiri dari 30 item pernyataan dari faktor minat, 30 item tentang faktor bakat, 30 item tentang faktor kesiapan, dan 30 item tentang faktor perhatian.Hasil uji validitas dari 150 item pernyataan diperoleh semua 50 item yang valid. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Al-Hidayah Medan yang berjumlah 110 siswa, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa dari kelas X. Hasil uji reliabilitas dari 150 pernyataan yang valid diperoleh pada instrumen variabel bakat dan kesiapan memiliki tingkat reliabel yang sangat tinggi, variabel motivasi, minat, dan perhatian memiliki reliabel tinggi. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada berdistribusi normal. Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukan nilai yang positif. Yang berarti kelima variabel benar-benar dapat mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika yaitu variabel motivasi memiliki nilai sebesar 0,787, artinya variabel motivasi mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 78,7%, variabel minat memiliki nilai sebesar 0,901, artinya variabel minat mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 90,1%, variabel bakat memiliki nilai sebesar 0,680, artinya variabel bakat mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 68,0%, variabel kesiapan memiliki nilai sebesar 0,755, artinya variabel kesiapan mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 75,5%, variabel perhatian memiliki nilai sebesar 0,731, artinya variabel perhatian mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 73,1%. Sehingga dapat kita simpulkan bahwasanya faktor yang paling utama dalam peningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa faktor yang memiliki nilai tertinggi adalah faktor minat seseorang akan efektif jika memiliki motivasi yang baik. Maka perlulah para siswa untuk terus meningkatkan motivasi dari dalam diri siswa dan terus meningkatkan bakat dalam belajar sehingga hasil belajar matematika optimal.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12743
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MAHYUNI MANURUNG.pdf409.94 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.