Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12726
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Rafika Sairani-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:42:49Z-
dc.date.available2020-11-17T07:42:49Z-
dc.date.issued2016-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12726-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran critical incident terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan oleh Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 121 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 58 siswa yaitu 29 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran critical incident dan 29 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan menaggapi laporan perjalanan digunakan tes dalam bentuk esai. Dalam hal ini siswa menjawab pertanyaan dengan cermat dan secara individu. Setelah data analisis diketahui kemampuan menanggapi laporan perjalanan kels VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat “cukup” dengan nilai rata-rata 73,72 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menanggapi laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat “sangat kurang” dengan nilai rata-rata 53,55 dalam kelas kontrol. Setelah dicari kemampuan menanggapi laporan perjalanan menggunakan rumus uji-t diketahui thitung = 5,507 . Hasil thitung diperoleh, selanjutnya di konsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1+n2) – 2, dk (29+29) - 2 = 56, maka dapar ttabel = 2,003. Oleh karena itu thitung>ttabel yaitu 5,507 > 2,003. Dengan demikian hipotesis berbunyi “Terdapat pengaruh model pembelajaran Critical Incident terhadap kemampuan menaggapi laporan perjalanan dapat diterimaen_US
dc.subjectPengaruh Model Pembelajaran Critical Incidenten_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Critical Incident terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan oleh Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
50-Rafika Sairani Nasution, NPM 1302040275. “Pengaruh Model Pembelajaran.pdf1.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.