Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12715
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Nur Indah-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:34:56Z-
dc.date.available2020-11-17T07:34:56Z-
dc.date.issued2017-03-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12715-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi oleh Siswa Kelas X SMA Pembangunan Nasional Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Pembangunan Nasional Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 3 kelas dan menggunakan ketiga kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 90 siswa yaitu 45 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan 45 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan menulis paragraf argumentasi digunakan tes dalam bentuk tertulis. Dalam hal ini siswa mempraktikan dengan sangat cermat dan secara berkelompok. Setelah data analisi diketahui kemampuan menulis paragraf argumentasi kelas X SMA Pembangunan Nasional Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat ”baik” dengan nilai rata-rata 79,25 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menulis paragraf argumentasi menggunakan rumus uji-t diketahui thitung = 4,17. Hasil penelitian ini menunjukan thitung diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1 + n2)-2, dk (45+45)-2 = 88, maka dapat ttabel = 1,66. Oleh karena itu thitung ˃ ttabel yaitu 4,17 ˃ 1,66. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi dapat diterima”.en_US
dc.subjectPengaruh Model Pembelajaranen_US
dc.subjectStudent Facilitator and Explainingen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X Sma Pembangunan Nasional Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016-2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MURINDAH SARI.pdf864.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.