Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12699
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Anggraini, Dini | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-17T07:24:17Z | - |
dc.date.available | 2020-11-17T07:24:17Z | - |
dc.date.issued | 2017-04 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12699 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan pada siswa SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam T.P 2016/ 2017 ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelolah pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah XI-1 IPA SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam yang terdiri dari 37 siswa. Instrument penelitian ini berupa soal tes, lembar observasi untuk aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan ketuntasan belajar dari hasil evaluasi siswa secara klasikal dengan kondisi awal 18.9% kemudian dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 48.65% pada siklus II meningkat menjadi 67.57% dan pada siklus III semakin meningkat menjadi 89.10%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari ketuntasan belajar siswa. Diperoleh peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 53% pada siklus II sebesar 78% dan pada siklus III sebesar 86%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari aktivitas belajar siswa. Diperoleh peningkatan persentase kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 55%, pada siklus II sebesar 71% dan pada siklus III sebesar 94%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran. Diperoleh peningkatan persentase respon siswa pada pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II sebesar 80%, dan pada siklus III sebesar 95%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari respon siswa. Berdasarkan rincian tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal Teaching pada siswa kelas XI-1 IPA SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam T.P 2016/2017 adalah efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. | en_US |
dc.subject | Efektivitas | en_US |
dc.subject | Model | en_US |
dc.subject | Reciprocal Teaching | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar Matematika | en_US |
dc.subject | SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam | en_US |
dc.title | Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam T.P 2016/ 2017 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI DINI ANGGRAINI.pdf | 1.76 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.