Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12684
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorArdiyanti, Aulia Nixie-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:14:39Z-
dc.date.available2020-11-17T07:14:39Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12684-
dc.description.abstractIdentifikasi masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lemahnya proses pembelajaran peserta didik dalam memahami pelajaran. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Untuk itu perlu usaha untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar dan aktivitas belajar siswa pada matematika materi bangun datar trapesium menggunakan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas VA semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 104204 Tembung yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil kemampuan belajar siswa yang diambil dari hasil tes pada setiap siklus, kemampuan yang diambil dari lembar observasi guru. Sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai > 70 pada siklus I ada 17 siswa dengan persentase 70,84% dan pada siklus II ada 20 siswa dengan persentase 83,33%. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa dengan ratarata skor pada siklus I sebesar 76,5% dan pada siklus II diperoleh 85%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan metode penemuan terbimbing pada kegiatan belajar mengajar matematika materi bangun datar trapesium siswa kelas VA SD Negeri 104204 Tembung tahun pelajaran 2016/2017 dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes siswa rata-rata nilainya baik. Agar dapat mencapai hasil yang optimal dalam pencapaian tujuan pembelajaran, guru harus mempertimbangkan kemampuan peserta didik dan fasilitas belajar apa yang diperlukan.en_US
dc.subjectMetode Penemuan Terbimbingen_US
dc.subjectKemampuan Belajar Matematikaen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Pada SD Negeri 104204 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AULIA NIXIE ARDIYANTI.pdf1.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.