Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12683
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Ita Purnama-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:14:21Z-
dc.date.available2020-11-17T07:14:21Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12683-
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal untuk tes siklus I dan 10 butir soal untuk tes siklus II. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP-1 SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual pada tes awal hanya 18 siswa (45%) yang tuntas sedangkan 22 siswa (55%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 27 siswa (67,5%) yang tuntas sedangkan 13 siswa (32,5%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 34 siswa (85%) yang tuntas sedangkan 6 siswa (15%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 70%. Sedangkan rata-rata tingkat keaktifan siswa pada pra siklus hanya 1,8 dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,4 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3 dalam kategori baik.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kontekstualen_US
dc.subjectKeaktifanen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual pada Siswa SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ITA PURNAMA SARI.pdf711.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.