Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12672
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnggara, Ari-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:10:23Z-
dc.date.available2020-11-17T07:10:23Z-
dc.date.issued2017-03-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12672-
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar matematika siswa dengan menggunkan model reciprocal teaching di SMP PAB 3 Saentis T.P 2016 /2017 Pada materi bangun datar segi empat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis T.P 2016/ 2017 yang berjumlah 210 siswa, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VII-5 yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes yang dikutip dari buku pelajaran matematika kelas VII SMP PAB 3 Saentis dan Tes berbentuk pilihan berganda, Observasi dan angket yang diberikan tiap pertemuan. Dari analisa data diperoleh ketuntasan belajar matematika siswa. Dari indikator pertama dterlihat ketuntasan belajar matematika siswa menggunakan model reciprocal teaching pada siswa SMP PAB 3 Saentis T.P 2016 /2017 adalah “Sangat Baik”. Dari 35 Siswa ada 34 siswa atau 97,15 % telah mencapai ketuntasan belajar degan kadar minimal 65 %. Terlihat ada 19 siswa yang mendapat nilai antara 85 – 100 atau 54, 29 %. 15 siswa mendapatkan nilai antara 75 – 84 atau 42, 86 % dan 1 orang mendapat nilai antaar 55 – 64 atau 3,45 % yang belum mecapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Reciprocal Teaching sangat “ Efektif “ dalam pembelajaran matematika pada siswa dan Model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa.en_US
dc.titleAnalisis keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Reciprocal Teaching pada siswa SMP PAB 3 Saentis T.P 2016 /2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ARI ANGGARA.pdf930.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.