Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12667
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPohan, Hamimi Haflah-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:08:06Z-
dc.date.available2020-11-17T07:08:06Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12667-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika dengan menggunakan model probing prompting pada materi himpunan siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan yang berjumlah 31 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model probing prompting. untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Pengamatan digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar matematika siswa dan keterlaksanaan proses pembelajaran materi himpunan menggunakan model probing prompting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data observasi dan analisis keaktifan belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar matematika menggunakan model probing prompting pada materi himpunan siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) pada tahap awal rata-rata nilai observasi keaktifan sebesar 1,5 dan persentase keaktifan belajar matematika sebesar 38,5 % , (2) pada siklus I rata-rata nilai observasi keaktifan sebesar 2,2 dan persentase keaktifan belajar matematika sebesar 56,6 % , (3) pada siklus II rata-rata nilai observasi keaktifan sebesar 2,8 dan persentase keaktifan belajar matematika sebesar 70,2 %.en_US
dc.subjectkeaktifan belajar matematikaen_US
dc.subjectprobing promptingen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Probing Prompting Pada Siswa SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HAMIMI HAFLAH POHAN.pdf2.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.