Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12663
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWiranti, Gita-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:07:00Z-
dc.date.available2020-11-17T07:07:00Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12663-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang signifikan/dominan mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada siswa SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tesanalisis faktor yang signifikan mempengaruhi mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika siswa yang totalnya ada 20 soal. Hasil uji validitas dari 20 soaldiperoleh 10 valid dan 10 yang tidak valid. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan. Kelas VIII-A yang terdiri dari 32 siswa, VIII-B yang terdiri dari 29 siswa, VIII-C yang terdiri dari 25 siswa dan VIII-D yang terdiri dari 30 siswa, maka total populasi berjumlah 116 siswa. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari beberapa siswa yaitu 8 orang VIII-A, 7 orang VIII-B, 6 orang VIII-C, dan 8 orang VIII-D yang berjumlah 29 siswa. Hasil uji reliabilitas dari 20 soal tidak semua reliabilitas. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas dari semua data yang ada berdistribusi normal.Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukkan nilai yang positif. Hal ini berarti keempat variabel benar-benar memberikan dampak kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yaitu variabel kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah (X1) memiliki nilai sebesar 0,942, artinya kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah menyelesaikan soal matematika 94,2% , variabel kesulitan dalam memahami konsep atau rumus (X2) memiliki nilai sebesar 0,790, artinya kesulitan dalam memahami konsep atau rumus menyelesaikan soal matematika 79,0%, variabel kesulitan menyatakan hubungan antara komponen yang diketahui (X3) memiliki nilai sebesar 0,749, artinya kesulitan menyatakan hubungan antara komponen yang diketahui dalam menyelesaikan soal matematika 74,9%, variabel kesulitan dalam melakukan operasi pada soal (X4) memiliki nilai sebesar 0,786, artinya kesulitan dalam melakukan operasi pada soal matematika 78,6%.Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai total variance explained bernilai 4 sesuai dengan jumlah variabel. Hasil nilai component matrix menunjukkan bahwa semua variabel merupakan faktor pertama dan kedua yang mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dikarenakan nilai component matrix variabel kesulitan dalam memahami konsep atau rumus, kesulitan menyatakan hubungan antara komponen yang diketahui, kesulitan dalam melakukan operasi pada soal beradafaktor pertama yang mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dikarenakan nilai component matrix faktor pertama > faktor kedua. Sedangkan variabel kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah berada di faktor kedua dikarenakan nilai component matrix kedua > faktor pertama.. Oleh karena itu nilai kesulitan dalam memahami konsep atau rumus memiliki nilai signifikanen_US
dc.subjectmenetapkan langkah-langkahen_US
dc.subjectmemahami konsep atau rumusen_US
dc.subjectmenyatakan hubungan antara komponen yang diketahuien_US
dc.subjectmelakukan operasi pada soalen_US
dc.titleAnalisis Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI GITA WIRANTI.pdf352.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.