Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12656
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Endah Oktavianty-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:02:57Z-
dc.date.available2020-11-17T07:02:57Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12656-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh kemampuan penalaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP sssssNegeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017.(2) Apakah ada pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada pokok pembahasan barisan dan deret aritmatika siswa kelas IX SMP NEGERI 1 Batang Kuis TP 2016/2017.(3) Apakah ada pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada pokok pembahasan barisan dan deret aritmatika siswa kelas IX SMP NEGERI 1 Batang Kuis TP 2016/ 2017. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan penalaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada pokok pembahasan tabung siswa kelas IX SMP NEGERI 1 Batang Kuis T.P 2016/2017. (3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada pokok pembahasan tabung siswa kelas IX SMP NEGERI 1 Batang Kuis T.P 2016/ 2017. Adapun metode penelitian ini adalah tes untuk kemampuan penalaran dan komunikasi matematika. Sedangkan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika diambil dari nilai uas siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Batang Kuis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis pada kelas IX-D yang berjumlah 38 orang. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : rata-rata kemampuan penalaran siswa sebesar 7,89 , rata-rata kemampuan komunikasi sebesar 7,92 , serta rata rata hasil belajar matematika siswa sebesar 88,7. Persamaan garis regresi yaitu Yc = 172,99 + 3,757 X1 – 4,409 X2. Besarnya pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017 kelas IX- D 0,714. Dengan signifikan taraf nyata α 5%. Dari peneltian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan penalaran dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017.en_US
dc.titlePengaruh Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ENDAH OKTAVIANTY HASIBUAN.pdf3.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.