Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12650
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Juhriyani, Devi | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-17T07:01:17Z | - |
dc.date.available | 2020-11-17T07:01:17Z | - |
dc.date.issued | 2017 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12650 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk essay test sebanyak 3 test yang terdiri dari 5 butir soal untuk siklus I, 5 butir soal untuk siklus II, dan 5 butir soal untuk siklus III. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 45 orang siswa yaitu 15 orang siswa laki-laki dan 30 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung materi Fungsi Komposisi. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada siklus I mencapai 42,22% (19 siswa) yang tuntas dalam pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori kurang, pada siklus II sedikit meningkat menjadi 68,89% (31 siswa) yang tuntas dengan rata-rata minatnya 2 kategori cukup, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,11% (41 siswa) yang tuntas, dengan rata-rata 3 kategori baik. Dimana pada siklus I terdapat 57,78% (26 siswa) yang tidak tuntas, pada siklus II terdapat 31,11% (14 siswa) yang tidak tuntas, dan pada siklus III hanya terdapat 8,89% (4 siswa) yang tidak tuntas belajar. Terbukti dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS B MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Direct Instruction pada materi Fungsi Komposisi. | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Direct Instruction dan Hasil Belajar Matematika | en_US |
dc.title | Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Direct Instruction Pada Siswa MAS Al Washliyah-22 Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI DEVI JUHRIYANI.pdf | 3.74 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.