Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12647
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNovianti, Desy Ayu-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:00:19Z-
dc.date.available2020-11-17T07:00:19Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12647-
dc.description.abstractDidalam pembelajaran matematika guru sering kali menemukan kendala pada saat menyampaikan pembelajaran yang berimbas pada tidak tercapainya tujuan dari pembelajaran tersebut. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, tidak terlepas dari cara guru menyampaikan pelajaran kepada siswa, kebanyakan guru hanya memberikan materi pelajaran tanpa mengajak siswa untuk mendalami konsep berpikir dalam memecahkan suatu permasalahan dan guru mengajar masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model Probing-Prompting pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.P 2016/2017 Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 57 Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 37 orang. Dari hasil penelitian analisis keefektifan ditinjau dari indikator Ketuntasan belajar matematika menunjukkan bahwa, pada tes awal (Pretest) ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 24,33% dan berada pada kategori Tidak Tuntas. Sedangkan pada tes akhir (Posttest), ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 86,49% dan berada pada kategori Tuntas. Ditinjau dari indikator Aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa, pada pertemuan kedua dengan persentase 82% dalam kategori Aktif. Ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran menunjukkan bahwa, pada pertemuan kedua dengan persentase 90% dalam kategori Sangat Baik. Ditinjau dari indikator Respon siswa menunjukkan bahwa, pada pertemuan kedua dengan persentase 87% dalam kategori Positif. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan menggunakan model Probing-Prompting pada siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 57 Medan T.P 2016/2017 pokok bahasan himpunan Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa.en_US
dc.subjectAnalisis Keefektifan Pembelajaran Matematikaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Probing-Promptingen_US
dc.titleAnalisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Probing-Prompting Pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DESY AYU NOVIANTI.pdf309.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.