Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12642
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPohan, Beby Marlina Sundari-
dc.date.accessioned2020-11-17T06:57:54Z-
dc.date.available2020-11-17T06:57:54Z-
dc.date.issued2017-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12642-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk essay test sebanyak 3 test yang terdiri dari 10 butir soal untuk siklus I, 10 butir soal untuk siklus II, dan 10 butir soal untuk siklus III. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 orang siswa yaitu 15 orang siswa laki-laki dan 30 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai materi Himpunan. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada siklus I mencapai 42,22% (19 siswa) yang tuntas dalam pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori kurang, pada siklus II sedikit meningkat menjadi 71,11% (32 siswa) yang tuntas dengan rata-rata minatnya 2 kategori cukup, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,11% (41 siswa) yang tuntas, dengan rata-rata 3 kategori baik. Dimana pada siklus I terdapat 57,78% (26 siswa) yang tidak tuntas, pada siklus II terdapat 28,89% (13 siswa) yang tidak tuntas, dan pada siklus III hanya terdapat 8,89% (4 siswa) yang tidak tuntas belajar. Terbukti dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas VII A MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada materi Himpunan.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Missouri Mathematics Project dan Hasil Belajar Matematikaen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Missouri Mathematics Project Pada Siswa MTS Al Mushlihin Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BEBY MARLINA SUNDARI POHAN.pdf1.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.