Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12640
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPrasetio, Bambang Joko-
dc.date.accessioned2020-11-17T06:56:58Z-
dc.date.available2020-11-17T06:56:58Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12640-
dc.description.abstractPada penelitian ini ditemukan beberapa rumusan masalah, diantaranya adalah “Bagaimana ketuntasan belajar siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi bangun datar di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015”, “Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi bangun datar di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015”, dan “Bagaimana hubungan timbal balik (interaksi) siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi pecahan di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi pecahan di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015, Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi pecahan di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015, dan Untuk mengetahui hubungan timbal balik (interaksi) siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi pecahan di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015. Pada penelitian ini diambil subjek dari siswa SMP Swasta Biudisatrya Medan, kelas VII-3 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian berupa tes dan observasi. Tes yang diberikan terdiri dari 10 tes yang berbentuk essay test sedangkan observasinya sebanyak 20. Tes digunakan untuk mengukur ketuntasan belajar matematika siswa, dan melihat ketercapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan observasi digunakan untuk mengukur keefektifan belajar dengan menggunakan strategi Student Team Heroic Leadership. Dari analisis data diperoleh beberapa hasil perhitungan. Pada tes yang telah dilakukan, dengan subjek sebanyak 36 siswa dan 10 butir soal essay, keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 78,47%. Simpangan baku sebesar 12,00. Korelasi XY adalah 0,45. Dan pencapaian reabilitas tes diperoleh sebesar 0,62 dengan kriteria “Reabilitas Tinggi”. Sedangkan pada observasi kegiatan siswa saat kegiatan belajar berlangsung, dengan subjek sebanyak 36 siswa dan 20 point aktivitas siswa, keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 71,06%. Simpangan baku sebesar 11,50. Korelasi XY adalah 0,92. Dan pencapaian reabilitas tes diperoleh sebesar 0,96 dengan kriteria “Reabilitas Sangat Tinggi”. Sementara pada tingkat ketuntasan belajar, persentase siswa tuntas sebesar 86,11% dan siswa tidak tuntas sebesar 13,89%. Melihat persentase ketuntasan belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa analisis keefektifan belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Team Heroik Leadership adalah sangat baik.en_US
dc.titleAnalisis Keefektifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Student Team Heroik Leadership Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BAMBANG JOKO PRASETIO.pdf1.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.