Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12634
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarlina, Ayu-
dc.date.accessioned2020-11-17T06:54:01Z-
dc.date.available2020-11-17T06:54:01Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12634-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran menggunakan model Group Investigation (GI) efektif meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas X SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017?. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan angket. Observasi yang digunakan merupakan pernyataan dari proses pembelajaran. Observasi terdiri dari lembar observasi efektivitas pembelajaran siswa, dan observasi motivasi belajar siswa. Lembar observasi efektivitas pembelajaran siswa terdiri dari 12 item atau indikator, dan observasi motivasi belajar siswa terdiri dari 6 indikator. Sementara angket motivasi siswa yang digunakan terdiri dari 30 pernyataan mengenai pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017.Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation sebesar 75% pada pertemuan pertama dan berkategori efektif, sedangkan pada pertemuan kedua penggunaan model pembelajaran group investigation mencapai 80% dan berkategori efektif. Oleh Karena itu penggunaan model pembelajaran group investigation efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017 yaitu mencapai standar keefektifan pembelajaran 75% - 100%.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Group Investigationen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectObservasien_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.title“Efektivitas Penggunaan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AYU HARLINA.pdf945.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.