Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12624
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNoor, Arfa Febria-
dc.date.accessioned2020-11-17T06:45:25Z-
dc.date.available2020-11-17T06:45:25Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12624-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui empat siklus pembelajaran dengan tahap perencanaan, tindakan, observsi, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Imeelda Medan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa juga mengalami peningkatan dari 27,74% dikategorikan rendah pada siklus I menjadi 50,02 dikategorikan sedang pada siklus II menjadi 72,29 dikategorikan tinggi pada siklus III dan menjadi 82,86 dikategorikan tinggi pada siklus IV. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 9,68%, dan nilai ratarata kelas 52,98%. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 25,81%, dan nilai rata-rata kelas 60,24%. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 54,84%, dan nilai rata-rata kelas 65,40%. Setelah pemberian tindakan III (siklus III) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 70,97%, dan nilai rata-rata kelas 71,45%. Setelah pemberian tindakan IV (siklus IV)diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 100%, dan nilai rata-rata kelas 83,,47%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Reflektif dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Reflektifen_US
dc.subjectKemampuanen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reflektif Pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ARFA FEBRIA NOOR.pdf2.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.