Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12619
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWulandari, Aprida Putri-
dc.date.accessioned2020-11-17T06:42:52Z-
dc.date.available2020-11-17T06:42:52Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12619-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017? Bagaimana penerapan model Explicit Instruction dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017. Untuk mengetahui bagaimana penerapan model Explicit Instruction dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah 87 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, untuk itu sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-1 dan kelas XI-2, dimana kelas XI-1 sebagai eksperimen menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction berjumlah 31 siswa dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 31,61 dan nilai posttest adalah 77,10 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 21,50 dan nilai posttest 44,67. Dan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 127,176 setelah dibandingkan dengan haraga ttabel = 2,0010 ternyata thitung > ttabel sehingga H0 ditolek Ha diterima. Lalu dengan menggunakan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol berada dikategori sedang dan besar kefektifan model pembelajaran Explicit Instruction adalah 65%, sedangkan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol berada dalam kategori sedang dan besar kefektifan metode konvensional adalah 51%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan bealajar matematika siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017.en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectModel Explicit Instructionen_US
dc.subjectKemampuan Belajara Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas penggunaan model Explicit Instruction untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI APRIDA PUTRI WULANDARI.pdf283.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.