Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12619
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Wulandari, Aprida Putri | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-17T06:42:52Z | - |
dc.date.available | 2020-11-17T06:42:52Z | - |
dc.date.issued | 2017 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12619 | - |
dc.description.abstract | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017? Bagaimana penerapan model Explicit Instruction dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017. Untuk mengetahui bagaimana penerapan model Explicit Instruction dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah 87 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, untuk itu sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-1 dan kelas XI-2, dimana kelas XI-1 sebagai eksperimen menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction berjumlah 31 siswa dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 31,61 dan nilai posttest adalah 77,10 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 21,50 dan nilai posttest 44,67. Dan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 127,176 setelah dibandingkan dengan haraga ttabel = 2,0010 ternyata thitung > ttabel sehingga H0 ditolek Ha diterima. Lalu dengan menggunakan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol berada dikategori sedang dan besar kefektifan model pembelajaran Explicit Instruction adalah 65%, sedangkan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol berada dalam kategori sedang dan besar kefektifan metode konvensional adalah 51%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan bealajar matematika siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017. | en_US |
dc.subject | Efektivitas | en_US |
dc.subject | Model Explicit Instruction | en_US |
dc.subject | Kemampuan Belajara Matematika | en_US |
dc.title | Efektivitas penggunaan model Explicit Instruction untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI APRIDA PUTRI WULANDARI.pdf | 283.75 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.