Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12618
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAstuti, Anggun Widya-
dc.date.accessioned2020-11-17T06:42:05Z-
dc.date.available2020-11-17T06:42:05Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12618-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2015/2016? dan bagaimana penerapan pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan metode Personalized System of pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui Bagaimana penerapan pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction pada pokok bahasan bangun datar di kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 38 siswa lakilaki. Dan objek penelitian ini adalah penerapan Metode Personalized System Of Instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak T.P.2016/2017. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar dengan hasil tes siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa diperoleh 42,10% dan pada siklus II meningkat menjadi 63,16% dan pada siklus III meningkat menjadi 86,84%. Atau ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar maka dari hasil tes siklus I diperoleh 22 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus II menjadi 14 siswa , kemudian pada siklus III menjadi 5 siswa. Dan dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes siklus I memperoleh 57,90% dan pada siklus II memperoleh 36,84% dan pada siklus III memperoleh 13,16%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Metode Personalized System Of Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR-3 SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak tahun pelajaran 2016/2017.en_US
dc.subjectPersonalized System Of Instructionen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Metode Personalized System Of Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak T.P. 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANGGUN WIDYA ASTUTI.pdf4.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.