Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12607
Title: Analisis Pemasaran Syariah Pada Ayam Potong Syariah Marelan Raya Pasar V Medan
Authors: Dewiwana, Fatma
Keywords: Pemasaran Syariah
Issue Date: 5-Mar-2017
Abstract: Pemasaran syariah merupakan bisnis yang disertai dengan keihklasan semata-mata hanya untuk mencari ridha Allah SWT, maka bentuk transaksinya InsyaAllah bernilai ibadah dihadapan Allah SWT. Pemasaran syariah akan selalu menekankan dalam penetapan harga yang benar, promosi, sikap pemasar mengikuti etika pemasaran syariah dan pelayanan terbaik, yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Ayam Potong syariah adalah salah satu bisnis yang menerapkan konsep syariah, menyediakan ayam yang halal dan berkah. Dalam penetapan harga, promosi yang kurang menarik, pelayanan yang kurang dapat membuat minat konsumen sangat sedikit dan beralih pada ayam potong yang lain. Berdasarkan rumusan masalah dalam penlitian ini, yaitu : bagaimana analisis pemasaran syariah pada Ayam Potong Syariah Marelan Raya Pasar V Medan?, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemasaran Syariah pada Ayam Potong Syariah Marelan Raya Pasar V Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah data deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada, data yang ada dengan cara menyajikan menganalisis hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi pustaka, pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian ini bahwa pemasaran syariah pada Ayam Potong Syariah Marelan Raya Pasar V Medan menerapkan nilai ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyah), realistis (al-waqiiyyah), dan humanistis (al- Insaniyah). Nilai-nilai tersebut diaplikasikan ketika penetapan harga yang mengikuti harga pasaran dan tidak membanting harga dengan tujuan untuk merusak pasar, promosi yang bukan hanya bertujuan untuk menarik minat konsumen tetapi juga sekalian berdakwah untuk mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ayam yang halal melalui media promosi seperti brosur, sosial media, dan pemasangan spanduk/ pamplet. Pelayanan dari pemasar yang menerapkan etika pemasar syariah yang ramah,sopan , komunikatif dan yang terakhir pelayanan tempat yang membuat konsumen nyaman karena tempat pemasaran yang tidak bau karena dijaga kebersihannya setiap hari.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12607
Appears in Collections:Electrical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi fatma.pdf341.5 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.