Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12576
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKhumairoh, Ummi-
dc.date.accessioned2020-11-17T05:48:08Z-
dc.date.available2020-11-17T05:48:08Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12576-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan siswa setelah menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Washliyah Indrapura?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Washliyah Indrapura?, 3) Bagaimana respon siswa setelah menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Washliyah Indrapura?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII-B MTs Al-Washliyah Indrapura, serta respon siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw. Jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), terdiri dari tiga siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelelitian ini menggunakan lembar tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analsis data menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase keaktfan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa dan repon siswa selama proses pembelajaran Hasil analisis penelitian pada pra siklus terdapat 9 siswa yang telah mancapai nilai > 78 dengan ketuntasan sebesar 36% dan yang tidak tuntas mencapai 64% dan niai rata-rata 71.4. Keaktifan siswa pada pra siklus sebesar 55.88%. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang telah mencapai > 78 dengan ketuntasan sebesar 72% dan yang tidak tuntas mencapai 28% dan nilai rata-rata 77.6. Keatifan siswa sebesar 59.54% dan respon siswa 99.52%. Pada siklus II ketuntasan siswa telah mencapai 100% dan nilai rata-rata 85.12 serta respon siswa sebesar 100%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII-B MTs Al-Washliyah Indrapura.en_US
dc.subjectKooperatif Jigsawen_US
dc.subjectkeaktifan siswaen_US
dc.titlePeningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Al-Washliyah Indrapuraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi fix.pdf3.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.