Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12567
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Andi Syah Putra-
dc.date.accessioned2020-11-17T05:36:23Z-
dc.date.available2020-11-17T05:36:23Z-
dc.date.issued2017-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12567-
dc.description.abstractJalan merupakan infrastruktur transportasi yang berperan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu daerah.Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya pemeliharaan agar jalan tetap berfungsi secara optimal.salah satunya adalah dengan penambahan tebal lapis tambah (overlay). Pemilihan metode perencanaan yang tepat menjadi faktor yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan desain lapis tambah perkerasan lentur.Hal ini dikarenakan perencanaan yang tidak tepat dapat menyebabkan jalan cepat rusak (underdesign) atau konstruksi tidak ekonomis (overdesign). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain lapis tambah yang paling optimum pada proyek peningkatan kinerja ruas jalan Batas Provinsi NAD-Simpang Pangkalan Susu, dengan membandingkan pedoman perencanaan tebal lapis tambah perkerasan lentur Metode Bina Marga dan AsphaltInstitute. Hasil pengujian dengan Metode Bina Marga diperoleh segmen I(9.789 cm), segmen II(10.479 cm), segmen III (11.045 cm), dan segmen IV(11.123 cm), sedangkan Asphalt Institute diperoleh segmen I(11.250 cm), segmen II(11.875 cm), segmen III (12.015 cm), dan segmen IV(13.125 cm). Dari perolehan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa Metode Asphalt Institute dalam perencanaan tebal lapis tambah (overlay) pada perencanaan jalan di Indonesia tidak ekonomis digunakan karena terlalu tebal. Hal ini berbeda dengan Metode Bina Marga, metode ini lebih ekonomis digunakan di Indonesia karena tingkat ketebalannya sesuai digunakan pada perencanaan tebal lapis tambah (overlay).en_US
dc.subject:Jalan dan Lapis Tambahen_US
dc.titleEvaluasi Tebal Lapis Tambah (Overlay) Dengan Metoda Bina Marga dan Asphalt Institute Menggunakan Alat Benkelman Beamen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Electrical Engineering



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.