Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12566
Title: Analisa Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Antar Kota Trayek Blangkejeren-Kutacane.
Authors: Marzuki
Keywords: Angkutan umum;Transportasi Trayek.
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan transportasi dari waktu ke waktu akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas antar kota. Contohnya perjalanan masyarakat di sekitar kota Blangkejeren yang melakukan perjalanan ke Kutacane semakin hari semakin bertambah. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan metode survei dan wawancara kepada supir dan penumpang, dimana pengambilan sampel dilakukan secara langsung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini membahas mengenai kinerja angkutan umum yang melayani trayek Blangkejeren – Kutacane, sehingga diperoleh kinerja pelayanan angkutan yang memadai. Dalam penelitian ini yang dilakukan adalah identifikasi kinerja angkutan mini bus ditinjau dari tingkat efektifitas dengan parameter aksesibilitas, kecepatan rata-rata dan frekuensi headway. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja angkutan umum bus sudah efektif bila ditinjau dari segi kecepatan rata-rata, tingkat operasional dan frekuensi atau headway. Oleh sebab itu penulis harus meneliti bagaimana kinerja pelayanan dan kebutuhan jumlah armada pada kebutuhan akan transportasi yang tinggi pada angkutan umum bus antar kota yang melayani trayek Blangkejeren – Kutacane. Dengan kecepatan rata-rata setiap harinya yang diperoleh untuk keberangkatan dari Blangkejeren. PT. Robby Karya 37 km/jam, PT. Argalus 38 km/jam, CV. Louser 36 km/jam, CV. Rosna 37 dan apabila dibandingkan dengan standart yang diberikan oleh Pemerintah melalui UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa kecepatan paling tinggi 80 km/jam, maka kecepatan rata-rata mini bus PT. Robby Karya, PT. Argalus, CV. Louser, CV. Rosna, trayek Blangkejeren – Kutacane sudah efektif. Namun masih perlu meningkatkan pelayanan bagi para penumpang selama menunggu di terminal mini bus, yaitu berupa perbaikan fasilitas-fasilitas umum yang ada.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12566
Appears in Collections:Electrical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Marzuki.pdf830.57 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.