Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1250
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSafitri, Echa-
dc.date.accessioned2020-03-01T09:47:49Z-
dc.date.available2020-03-01T09:47:49Z-
dc.date.issued2019-09-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1250-
dc.description.abstractPermasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI TKJ 3 ialah terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga memperoleh hasil belajar yang rendah serta kesulitan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI TKJ 3 SMK Muhammdiyah 04 Medan tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memakai dua siklus untuk melihat perubahan siswa selama pemberian layanan. Subjek penelitian ialah seluruh siswa/siswi kelas XI TKJ 3 yang berjumlah 35 orang, sedangkan objek penelitian ini berjumlah 5 orang yang sesuai dengan ciri – ciri kesulitan belajar. Instrumen penelitian menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukannya penelitian, maka didapatkan hasil penelitian bahwa layanan bimbingan kelompok mampu mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI TKJ 3 SMK Muhammdiyah 04 Medan tahun ajaran 2018/2019, dengan data hasil evaluasi layanan I sebesar 32 %, dan hasil evaluasi layanan II meningkat sebesar 64 % yang berarti bahwa siswa sudah memahami dan sudah mampu mengatasi kesulitan belajar.en_US
dc.subjectLayanan Bimbingan kelompoken_US
dc.subjectKesulitan Belajaren_US
dc.titlePenerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswakelas Xi Tkj 3 Smk Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
KRIPSI_ECHA SAFITRI.pdfFulltext5.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.