Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12456
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSolihin, Baginda M.-
dc.date.accessioned2020-11-17T03:58:06Z-
dc.date.available2020-11-17T03:58:06Z-
dc.date.issued2017-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12456-
dc.description.abstractSalah satu pengaruh ketika melakukan gerak u-turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat atau berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalu lintas pada arah yang sama. Pada kendaraan tertentu, untuk melakukan gerak u-turn tidak bisa secara langsung melakukan perputaran dikarenakan kondisi kendaraan yang tidak memiliki radius perputaran yang cukup, sehingga akan menyebabkan kendaraan lain akan terganggu bahkan berhenti baik dari arah yang sama maupun dari arah yang berlawanan yang akan dilalui. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengetahui besar volume lalu lintas dan kapasitas yang akan terjadi pada ruas jalan serta tingkat pelayanan jalan (level of service) yang di lengkapi dengan fasilitas putar balik arah dan untuk menganalisa waktu tempuh dan waktu tundaan akibat aktifitas u-turn. Dari hasil analisa dan perhitungan diperoleh kesimpulan, yaitu untuk lokasi Simp. Pos, data volume lalu lintas sebesar 1268 smp/jam, kapasitas sebesar 3040 smp/jam, tingkat pelayanan B, waktu tempuh untuk kendaraan MC sebesar 5,67 detik, kendaraan LV sebesar 6,20 detik dan waktu tundaan sebesar 10,25 detik. Untuk lokasi Jalan Ring Road, data volume lalu lintas sebesar 1309 smp/jam, kapasitas sebesar 3362 smp/jam, tingkat pelayanan B, waktu tempuh untuk kendaraan MC sebesar 7,12 detik, kendaraan LV sebesar 6,00 detik dan waktu tundaan sebesar 11,25 detik. Untuk lokasi Jalan Kapt. Sumarsono, data volume lalu lintas sebesar 1001 smp/jam, kapasitas sebesar 3490 smp/jam, tingkat pelayanan B, waktu tempuh untuk kendaraan MC sebesar 5,21 detik, kendaraan LV sebesar 7,30 detik dan waktu tundaan sebesar 12,43 detik. Untuk lokasi Jalan KL. Yos Sudarso, data volume lalu lintas sebesar 1121 smp/jam, kapasitas sebesar 3362 smp/jam, tingkat pelayanan B, waktu tempuh untuk kendaraan MC sebesar 10,01 detik, kendaraan LV sebesar 12,09 detik dan waktu tundaan sebesar 7,33 detik. Dan untuk lokasi Jalan T. Amir Hamzah, data volume lalu lintas sebesar 964 smp/jam, kapasitas sebesar 3362 smp/jam, tingkat pelayanan B, waktu tempuh untuk kendaraan MC sebesar 5,78 detik, kendaraan LV sebesar 6,31 detik dan waktu tundaan sebesar 6,17 detiken_US
dc.subjectmedian jalanen_US
dc.subjectkapasitasen_US
dc.titlePengaruh u-turn terhadap kinerja arus lalu lintas pada ruas jalan di Kota Medan (Studi Kasus)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
bab 1-daftar pustaka g.pdf2.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.