Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1240
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorErvina, Maya-
dc.date.accessioned2020-03-01T09:41:30Z-
dc.date.available2020-03-01T09:41:30Z-
dc.date.issued2018-04-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1240-
dc.description.abstractPermasalahan dalan penelitian ini adalah Kondisi pembelajaran dikelas kurang kondusif, Masih terdapat siswa yang senang mengobrol dengan temannya serta suka tidur di dalam kelas pada saat pelajaran sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Individual dalam Meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa Kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018. Menurut pendekatannya penilitian ini menggunakan penilitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kurangnya motivasi intrinsik di kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 6 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Konseling individual di sekolah SMA PAB 4 Sampali dilaksanakan terhadap siswa ketika siswa sedang memiliki permasalahan yang dapat mengganggu kegiatan belajarnya. Pelaksanaan konseling individual ini diawali dengan memanggil siswa yang bersangkutan untuk datang menghadap guru BK, kemudian guru BK melaksanakan konseling individual dimulai dari mengidentifikasi masalah siswa. Mengeksplorasikan masalah atau meninjau permasalahan yang dihadapi siswa dan membuat kesimpulan mengenai hasil proses konseling. Konseling individual bermanfaat dalam menangani masalah siswa yang kurang memiliki motivasi dalam belajar. Mengingat masalah tersebut memang harus diperlukan fokus dan perhatian yang khusus dan mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan motivasi intrinsik, bahwa siswa menjadi senang menjalankan tugas untuk belajar, lebih berminat mendalami materi yang di pelajari lebih jauh, bersemangat dan bergairah untuk berprestasi, merasakan pentingnya belajar, ulet dan tekun dalam menghadapi masalah belajar serta mempunyai keinginan untuk meraih cita-cita dengan cara belajar. Perilaku siswa dalam belajar dikelas beraneka ragam. Dengan demikian pelaksanaan konseling individual dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali telah terlaksana dengan baik.en_US
dc.subjectMotivasi Intrinsiken_US
dc.subjectKonseling Individualen_US
dc.titleUntuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Individual dalam Meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa Kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
52. Maya Ervin.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.