Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12385
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPasaribu, Nur Azijah-
dc.date.accessioned2020-11-17T03:05:28Z-
dc.date.available2020-11-17T03:05:28Z-
dc.date.issued2017-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12385-
dc.description.abstractOligopoli adalah pasar yang terdiri dari hanya beberapa saja. Ada kalanya pasar oligopoli terdiri dari hanya beberapa produsen saja. Pasar seperti ini dinamakan duapoli. Untuk mengetahui pasar oligopoli dapat dilihat dari beberapa indikasi, yakni menghasilkan barang standar atau barang berbeda corak. Kekuasaan menentukan harga adakalanya sangat tangguh. Perusahaan oligopoli umumnya perlu melakukan promosi berupa iklan. Pasar oligolipoli adalah bentuk struktur yang terdiri dari hanya sedikit perusahaan yang menjual suatu barang yang homogen terdiferensial. Dalam pasar oligopoli,setiap perusahaan memosisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Penelitian ini dilakukan adalah hukum normatif dengan pendekatan yuridis sosiologis yang diambil dari data primer dengan menggunakan wawancara dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, dan hukum sekunder dan bahan hukum sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa Oligopoli ini seorang ini menguasa pasar adalah keinginan semua pelaku usaha, karena penguasaan pasar akan memiliki korelasi positif dengan tingkat keuntungan yang mungkin bisa diperoleh oleh pelaku usaha. oligopoli dikelompokkan ke dalam kategori perjanjian yang dilarang, padahal umumnya oligopoli terjadi melalui keterkaitan reaksi, khususnya pada barang-barang yang bersifat homogen atau identik dengan kartel, sehingga ketentuan yang mengatur mengenai oligopoli ini sebaiknya digabung dengan ketentuan yang mengatur mengenai kartel. Upaya mencegah praktik oligopoli ini dengan bantuan campurtangan pemerintah supaya tidak terjadi lagi persaingan oligopoli itu sendiri di setiap pasar, terutama di pasar tradisional. kendala untuk mencegah praktik oligopoli skala ekonomi dari masyarakat tersebut, kecenderungan harga dari produksi. Perusahaan lama dapat menurunkan biaya produksi. perusahaan yang sering memprodusikan barang dalam bentuk dan sifat, serta mutu yang sangat berbeda. Dengan cara ini pasarannya meliputi golongan masyarakat yang lebih luas dan sebagai akibatnya sukarlah untuk perusahaan baru memasuki pasar oligopoli. Perusahaan lama merupakan sumber lain yang dapat menghambat kemasukan perusahaan baru. Tanpa dapat menawarkan barang lain yang jauh lebih baik dari barang yang dikenal masyarakat.en_US
dc.subjectPencegahanen_US
dc.subjectPerdagangan atau perniagaanen_US
dc.titlePencegahan Praktik Oligopoli Dalam Perdagangan Pada Pasar Tradisional (Studi di Pasar Tradisional Pajak Batu)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Legal Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf289.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.