Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12360
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Sari Rahmadani-
dc.date.accessioned2020-11-17T02:50:18Z-
dc.date.available2020-11-17T02:50:18Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12360-
dc.description.abstractPemasangan pipa air minum bagi bisnis properti perumahan sangat diperlukan mengingat air merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup terutama manusia. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan di Sumatera Utara disebut PDAM Tirtanadi, selaku pelaksana pendistribusian pipa air minum di Indonesia khususnya Kota Medan dan sekitarnya tentunya mempunyai tanggung jawab dalam mendistribusikan pipa air minum ke perumahan yang memerlukan pipa distribusi air minum. Kewajiban dan tanggung jawab pelanggan terhadap pemeliharaan instalasi pipa air minum merupakan suatu keharusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk pemeliharaan instalasi pipa air minum Perusahaan Daerah Air Minum Cabang Medan Amplas, untuk mengetahui pertanggungjawaban dalam pemeliharaan instalasi pipa air minum PDAM Cabang Medan Amplas dan untuk mengetahui akibat hukum bagi pelanggan yang lalai dalam pemeliharaan instalasi pipa air minum PDAM Cabang Medan Amplas. Metode penellitian bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris secara kualitatif yang mengkaji tentang tanggung jawab pelanggan terhadap pemeliharaan instalasi pipa perusahaan daerah air minum. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa Bentuk pemeliharaan instalasi pipa air minum sebagaimana yang dijelaskan dalam ketentuan PDAM bahwa pelangganlah yang bertanggungjawab penuh terhadap pemeliharaan instalasi pipa yang berkaitan dengan pipa aliran ke rumah dan meteran air rumah. Adapun bentuk pemeliharaan yang harus dilakukan oleh pelanggan adalah pemeliharaan terhadap meteran air rumah dan emeliharaan terhadap instalasi pipa yang mengalir kerumah. Tanggungjawab pelanggan dalam pemeliharaan secara keseluruhan setiap pelanggan bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pemeliharaan instalasi pipa air. Akibat hukum bagi pelanggan yang lalai dalam pemeliharaan instalasi pipa air minum PDAM Cabang Medan Amplas berdasarkan perjanjian antara pelanggan dan PDAM adalah pelanggan tersebut akan dilaporkan/dikerahkan kepada pihak berwajib dan permasalahan tersebut dapat dibawa ke jalur hukum baik pidana maupun perdata. Akibat hukum yang lalai bagi pelanggan atas pemeliharaan instalasi air PDAM ditentukan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan atas perjanjian antara PDAM dan pelangganen_US
dc.subjectTanggungjawaben_US
dc.subjectPelangganen_US
dc.subjectInstalasien_US
dc.subjectPDAM, air minumen_US
dc.titleTanggung Jawab Pelanggan Terhadap Pemeliharaan Instalasi Pipa Perusahaan Daerah Air Minum (Studi Di Pdam Cabang Medan Amplas)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Legal Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SARI RAHMADANI LUBIS.pdf242.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.