Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1228
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSalvira, Inez Denia-
dc.date.accessioned2020-03-01T09:34:10Z-
dc.date.available2020-03-01T09:34:10Z-
dc.date.issued2019-09-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1228-
dc.description.abstractPenelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui struktur wacana dan fungsi bahasa iklan Bukalapak di televisi. Sumber data penelitian ini adalah iklan Bukalapak yang ada di televisi seri Dian Sastrowardoyo. Data penelitian ini adalah seluruh isi iklan Bukalapak di televisi seri Dian Sastrowardoyo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data analisis kualitatif yaitu mendeskripsikan struktur wacana dan fungsi bahasa iklan Bukalapak di televisi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yakni menonton iklan Bukalapak di televisi, lalu mengunduh video iklan dari situs internet ataupun dari media youtube yang akan dianalisis sebagai bahan penelitian, mengumpulkan data dari iklan Bukalapak seri Dian Sastrowardoyo, melakukan penelaahan data mengenai struktur wacana dan fungsi bahasa iklan, dan mendeskripsikan/ menyimpulkan data hasil penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh dari iklan Bukalapak seri Dian Sastrowardoyo yaitu (1) struktur wacana meliputi (a) struktur makro: iklan pertama memiliki tema perkelahian, iklan kedua memiliki tema keluarga dan iklan ketiga bertema perkantoran, (b) superstruktur yang terdapat pendahuluan, isi dan penutup pada iklan Bukalapak (c) struktur mikro: iklan pertama mengenai promo spesial 2.2, iklan kedua mengenai promo spesial ramadhan dan iklan ketiga mengenai buka bantuan Bukalapak (2) fungsi bahasa meliputi (a) fungsi pemerian yaitu penggunaan bahasa untuk membuat pernyataan, (b) fungsi konatif yaitu memusatkan perhatian kepada keinginan pembicara dan dipikirkan oleh pendengar, (c) fungsi referensial yaitu memusatkan perhatian kepada isi acuan sesuatu pesan.en_US
dc.subjectiklan Bukalapaken_US
dc.subjectstruktur wacanaen_US
dc.titleStruktur Wacana Dan Fungsi Bahasa Iklan Bukalapak Di Televisien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdfFulltext1.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.