Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12280
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Dinda Indriani-
dc.date.accessioned2020-11-17T02:05:01Z-
dc.date.available2020-11-17T02:05:01Z-
dc.date.issued2020-11-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12280-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi matematika dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII-5 MTs Hifzhil Qur’an Medan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan Model ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dapat meningkatkan hasil belajar matematika Siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 MTs Hifzhil Qur’an Medan yang berjumlah 39 siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Nilai sesudah tindakan diambil dengan memberi soal setelah diterapkannya model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Setelah data diperoleh dan dianalisis maka dapat diketahui hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII-5 MTs. Hifzhil Qur’an Medan adalah sebagai berikut : (1) Hasil belajar siklus I sesudah tindakan dengan ratarata 72,82 dan ketuntasan klasikal 61,53%. (2) Hasil belajar siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 86,67 dan ketuntasan klasikal 87,17%. Dengan demikian, dari hasil tindakan di atas dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) meningkat pada setiap siklus.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPenerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary)en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan T.P. 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DINDA INDRIANI NASUTION.pdf6.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.