Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1222
Title: Pengaruh Model Guided Discovery Menggunakan Lkpd Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Al-Washliyah Ampera Ii Medan T.P 2019 / 2020
Authors: Simanullang, Syaipul Rizki
Keywords: Model Guided Discovery;Hasil Belajar Matematika
Issue Date: 13-Sep-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar Siswa SMP Alwashliyah Ampera II Medan materi Pola Bilangan dengan menggunakan model Guided Discovery. (2)Apakah model Guided Discovery berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas VIII SMP Al-Washliyah Ampera II Medan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar Siswa SMP Alwashliyah Ampera II Medan pada materi Pola Bilangan dengan menggunakan model Guided Discovery. (2) Untukmengetahuipengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas VIII SMP Alwashliyah Ampera II Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah Ampera II Medan yang terdiri dari 3 kelas VIII-A berjumlah 20 siswa,VIII-B berjumlah 21 Siswa dan VIII-C berjumlah 24 Siswa. Jadi total keseluruhan kelas VIII SMP Alwashliyah Ampera II Medan sebanyak 65 Siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (Post-Test). Berdasarkan hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 58,55 dan kelas kontrol yaitu 55,20. Sedangkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,30 dan kelas kontrol yaitu 69,20. Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung(4,400) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,024). Ternyata nilai thitung > ttabel 4,400> 2,024, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dan besar pengaruhnya adalah sebesar 9,86%. Hal ini berarti ada pengaruh antara model Guided Discovery menggunakan LKPD terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Al-Washliyah Ampera II Medan T.P 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1222
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SYAIPUL RIZKI SIMANULLANG S.Pd_skripsi terbaru.pdfFulltext1.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.