Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12216
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBasir, Muhammad-
dc.date.accessioned2020-11-17T01:23:12Z-
dc.date.available2020-11-17T01:23:12Z-
dc.date.issued2019-10-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12216-
dc.description.abstractPada penelitian ini terdapat permasalahan yaitu tingkat pemahaman konsep siswa masih rendah yang dipengaruhi oleh kemampuan represenatsi siswa selain itu masih kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan dengan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan : (1)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan software Geogebra terhadap kemampuan pemhaman konsep dan kemampuan representasi matematis pada siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020. (2)Untuk mengetahui pakah kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan representasi matematis pada siswa dengan menggunakan sofware Geogebra lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan representasi matematis dengan menggunakan media powerpoint. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan desain Kemampuan Awal Matematika (KAM) and Post-Test Only Control Design dengan menggunakan software geogebra pada kelas ekperimen 1 dan media powerpoint pada kelas eksperimen 2. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020 dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 dan XI IS 2 dengan jumlah 56 siswa yang menjadi kelas eksperimen 1 adalah kelas XI MIA 2 dengan jumlah 28 siswa sementara kelas ekperimen 2 adalah kelas XI IS 2 dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes Kemampuan Awal Matematika (KAM) dan Post-test. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji prasyarat : uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji homogenitas matriks varianskovarians serta uji hipotesis : uji manova. Pada hasil analisis data untuk uji prasyarat menyatakan bahwa data pada penelitian ini berdistribusi normal, homogen dan matriks varians-kovarians treatmen homogen. Sedangkan pada uji hipotesis, tabel Multivariate Testa pada kolom kelas diperoleh bahwa untuk kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan representase memiliki nilai sig yaitu 0,000 dan tabel Test of Between-Subjects Effects juga menunjukkan hasil yang sama yaitu nilai sig 0,000 sehingga H0 diterima. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan representasi matematis pada siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020.en_US
dc.subjectSoftware Geogebraen_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsepen_US
dc.subjectKemampuan Representasi Matematisen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Representasi Matematis Pada Siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD BASIR.pdf4.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.