Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1220
Title: Analisis Speaking Dell Hymes Dalam Interaksi Belajar Mengajar Siswa Kelas X Smks Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2019/2020
Authors: Rapida, Siti
Keywords: Komponen tutur;SPEAKING Dell Hymes;Interaksi belajar mengajar
Issue Date: 21-Sep-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teori SPEAKING Dell Hymes dalam interaksi belajar mengajar dengan kajian sosiolinguistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Isntrumen dalam penelitian ini adalah observasi, teknik simak dan teknik catat dan rekaman. Teknik analisis data adalah menganalisis segala data yang berhubungan dengan delapan komponen tutur dalam interaksi belajar mengajar siswa kelas X SMKS Harapan Mekar Medan dengan cara melakukan observasi dan merekam langsung tuturan siswa dan guru dalam interaksi belajar mengajar, kemudian mengumpulkan data-data yang berhubungan sebagai penunjang dan menganalisis dari hasil observasi yang dilakukan. Penelitian ini terdapat dari 6 data tuturan, yang diperoleh hasil penelitian yaitu, terdapat setting and scene terdiri dari 2 waktu, 4 tempat. Participants pada data 1 terdapat 24 0rang, data 2 terdapat 23 orang, data 3 terdapat 3 orang, data 4 terdapat 4 orang, data 5 terdapat 27 orang, data 6 terdiri dari 3 orang. Ends terdiri dari 4 tujuan pertuturan. Act sequence terdiri dari 2 bentuk ujaran. key terdiri dari 3 nada cara dan semangat. Instrumentalities terdiri dari 1 jalur bahasa yang digunakan. Norm of interaction and interpretation 1 norma. Genre terdiri dari 2 jenis bentuk penyampaian. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa komponen tutur dari data yang diperoleh memenuhi delapan komponen tutur SPEAKING Dell Hymes dan merupakan sebuah tuturan yang kompleks.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1220
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SITI RAPIDA.pdfFulltext2.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.