Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12131
Title: Analisis Hukum Perjanjian Kerjasama Endorsement Produk Kecantikan Pond’s Melalui PT Buzzo Digital Indonesia Dengan Selebriti Endorser
Authors: Chairunnisyah
Keywords: Perjanjian;kerjasama endorsement
Issue Date: 29-Mar-2017
Abstract: Manusia berpengaruh dalam meningkatkan aktifitas bisnis terutama bisnis online, yang membutuhkan strategi pemasaran dengan cara promosi melalui media online. Promosi biasanya dilakukan oleh pihak agensi periklanan dengan cara kegiatan endorsement. Pihak agensi mencari manajemen yang menyediakan selebriti endorser untuk mempromosikan produk. Adanya kegiatan tersebut menimbulkan perjanjian antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. Suatu perjanjian adalah persetujuan yang diakui oleh hukum dan paling penting dalam dunia bisnis, serta menjadi dasar dari kegiatan bisnis secara elektronik. Dalam kegiatan ini mempromosikan produk kecantikan Pond’s melalui agensi PT. Buzzo Digital Indonesia dengan melakukan perjanjian kerjasama melalui manajemen dan selebriti endorser untuk memperoleh adanya kesepakatan dalam perjanjian promosi produk Pond’s. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaturan perjanjian kerjasama endorsement produk kecantikan Pond’s melalui PT. Buzzo Digital Indonesia dengan selebriti endorser, untuk mengetahui bentuk perjanjian kerjasama endorsement produk kecantikan Pond’s melalui PT. Buzzo Digital Indonesia dengan selebriti endorser, untuk mengetahui akibat hukum terhadap selebriti endorser wanprestasi perjanjian kerjasama endorsement. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan yuridis empiris yang diambil dari data primer berupa wawancara yang didukung dengan data sekunder berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tertier. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa pengaturan perjanjian kerjasama Endorsement Pond’s dengan selebriti endorser berbeda dengan perjanjian pada umumnya, perjanjian endorsement ini dibuat tanpa harus mempertemukan para pihak, karena perjanjian ini dilakukan hanya menggunakan media elektronik. Dengan demikian melalui media elektronik bukan halangan bagi para pihak. Sejak terjadinya kata sepakat antara pihak maka kesepakatan itu sudah cukup secara lisan saja dan secara tulisan dapat dilakukan dengan mengirim surat perjanjian melalui e-mail. Bentuk perjanjian kerjasama endorsement biasanya berupa perjanjian jangka pendek, untuk memperpanjang masa perjanjian dilakukan secara sukarela walaupun masa berlangsungnya perjanjian itu sudah berakhir. Akibat hukum selebriti endorser wanprestasi dalam perjanjian kerjasama endorsement, undang-undang perlindungan konsumen berlaku dan mengikat mereka, meskipun belum menjangkau e-contract secara keseluruhan, tetapi untuk perusahan besar seperti Pond’s ini, yang jelas alamat serta keberadaannya, jika wanprestasi maka dapat dituntut menurut hukum.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12131
Appears in Collections:Legal Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf290.97 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.