Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12055
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJunita, Putri-
dc.date.accessioned2020-11-16T06:59:17Z-
dc.date.available2020-11-16T06:59:17Z-
dc.date.issued2017-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12055-
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta IRA Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak yang berjumlah 41 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas yang analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 20,989 + 0,345 X1 + 0,229 X2 selanjutnya variabel motivasi belajar intrinsik (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai thitung > ttabel (3,878 > 0,680), dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Sementara motivasi ekstrinsik (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel (2,848 > 0,680), dan sig < 0,05 (0,007 < 0,05). Secara bersama-sama motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (13,609 > 4,09), dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap hasil belajar adalah 41,7%. Adanya motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik secara efektif akan menambah semangat dan keinginan anak untuk belajar lebih giat lagi. Selain itu adanya kersama antara pihak sekolah dan orangtua sangat perlu adanya untuk mengetahui bagaimana kondisi belajar siswa di rumah dan di sekolahen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Intrinsiken_US
dc.subjectEkstrinsiken_US
dc.titlePengaruh Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta IRA Medan Tahun Pelajaran 2016/1017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL.pdf5.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.