Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1196
Title: Analisis Pengolahan Dan Pemasaran Ikan Teri Asin (Stolephorussp) Di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal
Authors: Rizal, Ahmad
Keywords: Efisiensi Pemasaran;Share Margin;Pemasaran Ikan Teri Asin;Pengolahan Ikan Teri Asin
Issue Date: 19-Jul-2019
Abstract: Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk menganalisis sistim pengolahan ikan asin di daerah penelitian. 2). Untuk menganalisis saluran pemasaran ikan teri asin di daerah penelitian. 3). Untuk menganalisis besar biaya pemasaran, keuntungan, share margin dan tingkat efisiensi pemasaran ikan teri asin didaerah penelitian. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara populasi. Sampel petani dalam penelitan ini sebanyak 25 orang, sampel pedagang pengumpul sebanyak sebanyak 3 orang dan sampel pedagang Pengecer sebanyak 11 orang. Metode penentuan sampel penelitian dilakukan secara sensus. Metode analisis data untuk rumusan masalah pertama di analisis dengan analis deskriptif, rumusan masalah kedua dianalisis dengan metode share margin dan rumusan masallah ketiga dianalisis dengan rumus total biaya pemasaran dibagi harga beli konsumen akhir dikali 100%. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Proses pengolahan ikan teri asin digolongkan menjadi empat proses pengolahan yaitu, pembersihan dari kotoran, penggaraman, pencucian dan pengeringan. 2). Saluran pemasaran didaerah penelitian terdiri dari 3 saluran pemasaran, saluran pemasaran yang pertama dari nelayan ke konsumen, saluran pemasaran kedua nelayan menjual kepedagang pengecer dan pedagang pengecer menjual ke konsumen dan saluran pemasaran ketiga nelayan menjual kepedagang pengumpul, pedagang pengumpul menjual ke pedagang pengecer, kemudian pedagang pengecer menjual ke konsumen. 3). Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga kerja, peking atau pengemasan. Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar 100% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 3.176/Kg. Share margin yang di peroleh pada saluran II sebesar 90% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 3000./Kg. Share margin yang di peroleh pada saluran III sebesar 83,65% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 3.503/Kg Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 6,3% < 33%, Efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 6,7% < 33%, Efisiensi pemasaran pada saluran III sebesar 6,86% < 33%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1196
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AHMAD RIZAL.pdfFulltext289.21 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.