Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1192
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSuharman-
dc.date.accessioned2020-03-01T09:11:45Z-
dc.date.available2020-03-01T09:11:45Z-
dc.date.issued2019-03-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1192-
dc.description.abstractSubsistem pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam agribisnis, karena berhubungan dengan pasar, secara sederhana pasar merupakan salah satu lembaga yang paling penting dalam institusi ekonomi.Pasar Raya Medan Mega Trade Centre (MMTC) merupakan pasar tradisional modren yang pengelolaanya dilakukan oleh perusahaan swasta yaitu PT. Deli Metropolitan diatas lahan seluas 7 Ha. Pasar ini terdiri dari pasar basah yang menjual sayuran, buah, ikan, daging dan pasar kering yang menjual busana, elektronik serta kuliner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang yang paling banyak yaitu sayuran sebesar 750 pedagang, kemudian ikan 90 pedagang, buah 80 pedagang, sembako 30 pedagang dan kuliner 30 pedagang. Pedagang sayur yang berjualan di Pasar Raya Medan Mega Trade Centre merupakan pedagang baru dan juga pedagang yang berasal dari berbagai macam pindahan pasar, seperti pasar Sentral dan lain – lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah lokasi, keamanan, harga sewa dan fasilitas berpengaruh keputusan pedagang memilih pasar raya Medan Mega Trade Centre dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pendapatan pedagang sebelum dan sesudah berjualan di pasar raya Medan Mega Trade Centre. Pada penelitian ini menggunakan metode penentuan lokasi secara puposive (sengaja), metode penarikan sampel dengan teknik sampling bertujuan (purposive sampling), metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara serta observasi langsung, dan metode analisis data menggunkan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji f (serempak) dan uji t (parsial) untuk melihat pengaruh masing – masing variabel dan uji paired sample test untuk melihat perbedaan pendapatan sebelum dan sesudah berjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari Uji F dapat dilihat bahwa Sig 0,000 < 0,05 sehingga tolak H0 dan terima H1. Artinya variabel bebas lokasi (X1), keamanan (X2), harga sewa (X3), dan fasilitas (X4) berpengaruh secara nyata dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pedagang (Y). Uji T menunjukkan lokasi memiliki nilai Sig 0,000< 0,05 sehingga tolak H0 dan terima H1. Sedangkan keamanan (X2), dan harga sewa (X3), dan fasilitas (X4) memiliki nilai sig > 0,05 sehinga Terima Ho. Uji paired sample test disimpulkan 0,000 < 0,05 maka terima H1. Artinya terdapat perbedaan pendapatan sebelum dan sesudah berjualan di Pasar Raya Medan Mega Trade Centre.en_US
dc.subjectFaktor – Faktor Pentuan Lokasi Usahaen_US
dc.subjectPedagang Sayuren_US
dc.subjectPasaren_US
dc.subjectPendapatanen_US
dc.titleAnalisis Keputusan Pedagang Sayur Memilih Pasar Raya Medan Mega Trade Centreen_US
dc.title.alternativeStudi Kasus : Pasar Raya Medan Mega Trade Centreen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL.pdfFulltext2.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.