Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11915
Title: Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
Authors: Warni, Sesni
Keywords: Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah;Kemampuan Memahami Teks Berita
Issue Date: 26-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 440 orang siswa yang terdiri dari 11 kelas. Kemudian untuk menentukan sampel, penulis menggunakan random sampling yaitu mengambil siswa kelas VIII-A berjumlah 40 orang siswa dan VIII-B berjumlah 40 orang siswa yang total keseluruhan sampel adalah 80 orang siswa. Kegiatan yang digunakan adalah Kegiatan Gerakan Literasi Membaca (GLS) yang digunakan adalah Pilihan Berganda dalam memahami teks berita. Teknik yang digunakan untuk menentukan penilaian kemampuan memahami teks berita adalah dengan menggunakan skor mentah juga skor akhir dengan mengguanakn skala sigma 10- 100. Kemudian mencari nilai rata-rata untuk mengetahui kemampuan memahami teks berita. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus ttes, yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap kemampuan memahami teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan yaitu 93,25 digenapkan menjadi 93 (baik sekali). Nilai ratarata dengan tidak menggunakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam memahami teks berita yaitu 68,3 digenapkan menjadi 68 (cukup). Hasil thitung adalah 2,22 yang menginterprestasikan bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap kemampuan memahami teks berita. Hipotesis diterima, karena thitung> ttabel (2,22 > 1,66412), maka hipotesis berbunyi “pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap kemampuan memahami teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran” dapat diterima.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11915
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SESNI WARNI.pdf1.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.