Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11884
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Retno-
dc.date.accessioned2020-11-16T03:39:51Z-
dc.date.available2020-11-16T03:39:51Z-
dc.date.issued2017-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11884-
dc.description.abstractPermasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana efektivias penerapan model pembelajaran problem posingdalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun transaksi pada perusahaan jasa di kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.P. 2016/2017?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran problem posing di Kelas X SMK Swasta Jambi Medan dan apakah penerapan pembelajaran dengan model Problem posing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun transaksi pada perusahaan jasa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan pada bulan Februari-Maret 2017. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Swasta Jambi Medan yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi sikap dan kemampuan siswa. Ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan hasil skor evaluasi yang dilaksanakan di setiap siklus menggunakan kriteria ketuntasan belajar. Peserta didik mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai ≥ 70 dan daya serap klasikal 75% peserta didik yang mencapai nilai ≥ 70. Berdasarkan yang dilakukan pada siklus I dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari yang sebelumnya tuntas hanya 40% menjadi 76,67%, kemudian setelah melanjutkan siklus II, presentase hasil belajar siswa semakin meningkat menjadi 93,33%, dengan demikian hipotesis tindakan penelitian yaitu “Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menyusun transaksi pada perusahaan jasa di Kelas X Ak 1 SMK Swasta Jambi Medan pada materi pokok persamaan dasar”, diterimaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Posingen_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Model Problem Posing Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Transaksi pada Perusahaan Jasa di Kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.P. 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RETNO SARI (1302070106).pdf4.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.