Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1187
Title: Analisis Strategi Pengembangan Usaha Arang Di Desa Paya Pasir, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai
Authors: Lubis, Ade Syafirah Lukmana
Keywords: Strategi Pengembangan
Issue Date: 18-Mar-2019
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 di Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha Arang di Desa Paya Pasir. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 pengusaha, yang dilakukan dengan metode sensus atau sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dan metode interview. Data dan informasi penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Usaha Arang di Desa Paya Pasir, mengidentifikasi dan mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi perkembangan Usaha Arang di Desa Paya Pasir. Merumuskan strategi yang dapat diterapkan dalam rangka pengembangan Usaha Arang di Desa Paya Pasir. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, kekuatan utama yang dimiliki adalah produk berkualitas dan kelemahan utamanya adalah pengemasan yang tidak menarik. Sedangkan hasil analisis matriks EFAS menunjukkan peluang yang paling dominan adalah semakin tinggi permintaan produk arang dan ancamannya adalah munculnya pesaing baru. Berdasarkan hasil tahap keputusan strategi dari kekuatan dan peluang serta kelemahan dan peluang : melakukan pengembangan produk dengan cara memanfaatkan bahan baku yang mudah didapatkan dan pengalaman dalaQm berusaha, produk yang berkualitas dan permintaan produk yang semakin tinggi dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk secara lebih luas, dan mempertahankan peluang pasar yang cukup tinggi dengan cara menjual harga produk yang terjangkau. Melakukan perbaikan dengan cara merubah bentuk kemasan agar lebih menarik dan memanfaatkan peluang pasar yang cukup tinggi, dan mempertahankan atau meningkatkan permintaan produk arang dengan cara melakukan kegiatan promosi. Berdasarkan hasil tahap keputusan strategi dari kekuatan dan ancaman serta kelemahan dan ancaman : pengalaman dalam berusaha dan produk yang berkualitas dapat mengatasi ancaman munculnya pesaing baru, dan harga yang terjangkau akan mengatasi ancaman kemajuan teknologi. Keterbatsan perluasan usaha dapat diatasi dengan melakukan kerja sama dengan pihak bank serta menjaga hubungan yang baik kepada pihak konsumen, dan membuat label atau merk agar mengatasi ancaman munculnya pesaing baru.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1187
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi word.pdfFulltext1.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.