Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1177
Title: Meningkatkan Kepercayaan Diri Dengan Menggunakan Pendekatan Rational–Emotive Behavior Therapy (Rebt) Melalui Layanan Konseling Individual Pada Siswa Kelas X Smk Bm Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Tiro, Yurita
Keywords: Meningkatkan Kepercayaan Diri;Konseling Individu;REBT
Issue Date: 9-Aug-2019
Abstract: Kepercayaan diri adalah seseorang yang meyakini atau percaya pada kemampuan serta potensi yang ada pada dirinya. Konseling individu adalah suatu layanan yang dilakukan oleh konselor dan klien secara face to face bertatap muka, untuk membantu menyelesaikan masalah pribadi individu (Klien), karir, belajar, serta sosial dengan cara mencari jalan agar teratasinya masalah klien. Tujuan penelitian ini adalah untuk diperolehnya peningkatan kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling individu dengan menggunakan metode pendekatan REBT untuk siswa kelas X SMK BM Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah PTK Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Hasil penelitian menujukan bahwa, kondisi awal tingkat kepercayaan diri siswa kelas X tergolong rendah dalam Pre-test dengan skor rata-rata kepercayaan diri siswa 53-59% dalam Siklus I dan di kategorikan Cukup baik (Sedang). Peningkatan kepercayaan diri dibuktikan dari hasil pemberian Layanan Konseling Individu dengan pendekatan REBT dalam Siklus II dan post-test atau pemberian angket kedua peningkatan kepercayaan diri saat dilakukannya post-test sebesar 79-81% (Sangat baik). Dari hasil per-test Siklus I serta post-test Siklus II dan pemberian Layanan Konseling Individu dengan pendekatan REBT menunjukan bahwa metode penelitian ini sangat efektif dan berpengaruh sekali dalam peningkatan kepercayaan diri siswa di SMK BM Budisatrya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1177
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdfFulltext4.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.