Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11723
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIndah Sari, Yana-
dc.date.accessioned2020-11-16T01:54:32Z-
dc.date.available2020-11-16T01:54:32Z-
dc.date.issued2018-10-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11723-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis cerpen siswa dengan menggunakan prefiks dalam imbuhan di-, me(N)-, ber-, per(N), per-, ter, se-, dan ke- di SMP Negri 43 Medan. Jl. Kl. Yos Sudarso Km. 10,5/Jl. Perunggu Kelurahan Kota Bangun Kecamatan Medan Deli. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah rekaman video mengajar di dalam kelas dan pengumpulan data siswa, dengan instrumen tes essai menulis cerpen. Lalu, siswa membuat sebuah cepen yang bertemakan pilihan siswa sendiri yang nantinya akan di analisis peneliti. Peneliti akan meneliti bagaimana siswa menulis cerpen dengan memperhatikan afikasasi pada kata awalan. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini diawali dengan mengumpulkan tugas siswa/siswa kelas IX-1 berjumlah 40 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil penelitian ini berupa kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran, dengan kriteria tidak mengalami kesalahan penggunaan prefiks dengan frekuensi 15 orang hasil persen 37,5% dan kriteria tidak mengalami kesalahan penggunaan prefiks dengan frekuensi 25 orang hasil persen 62,5%. Hal ini menyebabkan kurangnya ketidak tepatan siswa terhadap menulis cerpen dengan kata imbuhan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 43 Medan. Jl. Kl. Yos Sudarso Km. 10,5/Jl. Perunggu Kelurahan Kota Bangun Kecamatan Medan Deli. Tidak berperan aktif dalam menulis cerpen, maka sebagai guru bahasa Indonesia haruslah memperbanyak berlatih membuat cerita pendek dengan langkah-langkah cyang sudah ditentukan dan memperhatikan kata imbuhan yang benar dan tepat.en_US
dc.subjectAnalisis Penggunaan Prefiksen_US
dc.subjectdalam Cerpenen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Penggunaan Prefiks Dalam Cerpen Siswa Kelas Ix Smp Negeri 43 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YANA INDAH SARI .pdf1.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.