Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11611
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSyahpitri, Wulanda-
dc.date.accessioned2020-11-14T08:20:46Z-
dc.date.available2020-11-14T08:20:46Z-
dc.date.issued2018-04-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11611-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan melalui model pembelajaran Concept Attainment dengan Bantuan Media Papan Buletin Oleh Siswa Kelas VII MTs Al Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Mushlihin Binjai jalan Kesatria nomor 34 Binjai Kota. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 326 siswa yang terdiri dari 8 kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3 (40 siswa) dan kelas VII-5 (40 siswa). Kelas VII-5 terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dengan bantuan media papan buletin sedangkan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Istrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dengan bantuan media papan buletin memperoleh nilai rata-rata 75,27 dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 64,73 termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf = 0,05 maka diperoleh ¥ > ¥ yaitu 8,45 > 1,664. Karena nilai ¥ > ¥ , maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran concept attainment dengan bantuan media papan buletin terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen oleh siswa kelas VII MTs Al Mushlihin Binjai tahun pembelajaran 2017-2018. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenaranya dan diterimaen_US
dc.subjectPengaruh Modelen_US
dc.subjectPembelajaran Concept Attainmenten_US
dc.subjectBantuan Mediaen_US
dc.subjectPapan Buletinen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Dengan Bantuan Media Papan Buletin Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Dan Kebahasaan Teks Cerpen Oleh Siswa Kelas Vii Mts Al Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2017-2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WULANDA SYAHPITRI.pdf915.24 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.