Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11402
Title: Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020
Authors: Marhamah
Keywords: Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction);Hasil belajar siswa
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Model pembelajaran ARIAS Assurance, Relevance, Interest, Assessment Dan Satisfaction) adalah model pembelajaran yang berusaha untuk menanamkan rasa yakin atau percaya diri pada siswa akan berhasil menyelesaikan tugas-tugas belajarnya, serta berusaha menarik dan memelihara minat atau perhatian siswa dalam proses pembelajaran berlangsung karena minat sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar, apabila kegiatan pembelajaran yang dihadapi tidak sesuai dengan minat, siswa tidak akan belajar dengan baik. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment Dan Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika siswa, dan Berapa persenkah pengaruh Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment Dan Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika SMP Bina Satria Mulia Medan. tujuan penelitian adalah : Untuk mengetahui, apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment Dan Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika dan Berapa persenkah pengaruhModel pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment Dan Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020. Sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Kelas VIII-1 dengan jumlah siswa 30 orang dan VIII-2 berjumlah 30 orang. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis (uji t) dan determinasi. Hasil hipotesis memperlihatkan bahwa thitung (3.156) > ttabel (2.001). Maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil determinan yang didapat adalah D = 9.89% yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh pada Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment Dan Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11402
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MARHAMAH.pdf3.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.