Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1139
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKhalila, Indi Rizka-
dc.date.accessioned2020-03-01T08:38:18Z-
dc.date.available2020-03-01T08:38:18Z-
dc.date.issued2019-09-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1139-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 8 orang yang diambil berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik komunikasi interpersonal siswa yang di sebar pada siswa kelas yang di anggap mengalami komunikasi interpersonal yang cenderung tinggi ada 3 orang, rendah ada 3 orang, dan sangat rendah 2 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru BK disekolah SMP Muhammadiyah 7 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya bimbingan kelompok dengan teknik role playing (pretest) keadaan komunikasi interpersonal siswa cenderung rendah dengan rata-rata 78,38 dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik role playing (posttest) perkembangan komunikasi interpersonal siswa mengalami peningkatan cenderung sangat tinggi dengan rata-rata 115,25. Dari hasil uji hipotesis diperoleh terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, dengan segnifikan sebesar 0,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berhasil untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan.en_US
dc.subjectBimbingan Kelompoken_US
dc.subjectTeknik Role Playingen_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonalen_US
dc.titlePenerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI INDI RIZKA KHALILA.pdfFulltext858.97 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.