Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11385
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Manaf Husein-
dc.date.accessioned2020-11-14T03:46:07Z-
dc.date.available2020-11-14T03:46:07Z-
dc.date.issued2019-10-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11385-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berupa video materi bilangan bulat. (2) Bagaimana tingkat kevalidan pengembangan media pembelajaran materi bilangan bulat dan kepraktisan media pembelajaran pada materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat. (2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan penggunaan media pembelajaran pada bilangan bulat. Lokasi dan objek penelitian dilakukan di SMP Kelas VII Al-Wasliyah Ampera II. Teknik pengumpulan data Menggunakan Data Uji kevalidan yang diperoleh dari penilai yang diberikan oleh validator kemudian Data Uji kepraktisan yang diperoleh dari Angket Respon siswa Dan lembar Observasi guru. Dalam penelitian ini uji coba media (video scribe) berada pada kategori valid dengan rata-rata penilaian materi dan media adalah 3,65, dan instrumen penilaian adalah 3,57. Untuk uji coba ke praktisan dilakukan di SMP kelas VII Al-Wasliyah Ampera II. Respon peserta didik lebih dari 80% memberikan penilaian positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah berada pada kategori valid dan praktis sehingga layak utuk digunakan.en_US
dc.subjectSparkolen_US
dc.subjectVideo pembelajaran matematikaen_US
dc.subjectBilangan bulat.en_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkol Pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII Al-Wasliyah Ampera 2en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MANAF HUSEIN HARAHAP.pdf2.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.