Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1137
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri Marito, Inayah-
dc.date.accessioned2020-03-01T08:38:11Z-
dc.date.available2020-03-01T08:38:11Z-
dc.date.issued2019-02-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1137-
dc.description.abstractTersedak didefinisikan sebagai penyumbatan atau hambatan respirasi oleh benda asing yang menyebabkan obstruksi di jalan napas internal yang menyebabkan kondisi berbahaya, sehingga harus cepat ditangani, karena itu dibutuhkan orang-orang disekitar mampu melakukan tindakan penanganan yang dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap. Tujuan: Mengetahui perubahan sikap dan pengetahuan guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jalan Halat terhadap heimlich maneuver dan back blow pada anak setelah dilakukan pelatihan. Metode: Penelitian menggunakan desain pra-eksperimen dengan jenis rancangan one group pretest-posttest yang dilakukan dengan kuesioner kepada 30 sampel. Hasil Penelitian: Berdasarkan uji Wilcoxon sign rank test pada sikap diperoleh p=0,000 dan pengetahuan diperoleh p=0,000. Dari hasil tersebut nilai p value <0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan bermakna terhadap variable-variabel yang diuji. Dapat diketahui dari uji statistik yang digunakan sikap guru SDN setelah dilakukan pelatihan adalah baik (95%) dan pengetahuan guru SDN setelah dilakukan pelatihan adalah baik yaitu sebanyak 30 orang (100%). Kesimpulan: Ada perubahan sikap dan pengetahuan guru sekolah dasar terhadap Heimlich maneuver dan back blow pada anak setelah dilakukan pelatihan.en_US
dc.subjectTersedaken_US
dc.subjectSikapen_US
dc.subjectPengetahuanen_US
dc.subjectHeimlich Maneuveren_US
dc.subjectBack Blowen_US
dc.titlePerubahan Sikap Dan Pengetahuan Guru Sekolah Dasar Terhadap Heimlich Maneuver Dan Back Blow Pada Anak Di Sekolah Dasar Negeri Di Jalan Halat Medan Setelah Dilakukan Pelatihan Tahun 2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Medical science



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.